Laman

Kamis, 11 November 2010

Hebatnya Musik Yang Dengan Mudah Mengisi Dunia Anak Muda

Bisa ditanya 'kenapa musik bisa dengan mudahnya meresap kekalangan anak muda?' Entah apa yang membuat musik bisa menguasai dunia generasi muda. Pasti banyak orang juga bertanya-tanya demikian.

Mungkin bisa dibuktikan dengan fakta yang kini bisa dijadikan masalah para guru yaitu musik itu lebih mudah di hafal daripada materi pelajaran yang diberikan di sekolah. Musik terkadang memang bisa menjadi obat penghilang stress ataupun bahasa anak muda sekarang yaitu 'boring alias badmood'. Karena dari musik sendiri memang mempunyai elemen yang lebih mudah diterima oleh hati begitu juga otak. Hal ini dikarenakan adanya irama dan nada yang lebih mudah disaring oleh otak daripada bentuk mata pelajaran yang dari diri sang anak sendiripun terkadang sudah timbul rasa 'tidak menyukai'. Oleh karena itu musik sangat mudah untuk 'nyantol' di otak daripada mata pelajaran apalagi yang berbentuk hafalan seperti geografi, sejarah, dan lainnya.

Namun ada juga anak yang memang tidak menyukai musik karena dari diri sang anak itu memang sudah ada horizon untuk mengatakan 'lebih suka pelajaran daripada musik'. Sehingga keberadaan musik itu akan hadir tergantung pada diri sang anak sendiri.

Disisi lain dapat ditelusuri bahwa kebanyakan anak yang menyukai musik (yang bisa dibilang akut) juga mempunyai dampak negatif yaitu bisa membuat daya ingat (*hafalan) sang anak menurun. Hal ini dikarenakan otaknya telah terbiasa dengan sesuatu yang mengandung irama sehingga apabila sang anak mendapat sesuatu tanpa 'angin' itu susah baginya untuk dimasukkan ke otaknya.

1 komentar:

  1. ya memang begitu lah anak muda jaman sekarang.,.
    saya pun lbh senang menghafal musik daripada pelajaran

    BalasHapus