Laman

Kamis, 25 November 2010

Mengapa.???

Saat kita ditanya apa sih isi pancasila alinea keempat ? kadang kita pasti masih berfikir atau terkadang bahkan dari kita menjawab "tidak tahu". Mending-mending kalau itu yang menanyakan adalah orang dalam. Bayangkan apabila yang menanyakan itu adalah orang manca atau yang lebih kita kenal dengan 'orang bule'. Mau ditaruh mana muka kita kalau kita harus menjawab "tidak tahu".

Sekarang, coba deh kita pikirkan kenapa bangsa Indonesia anak bangsanya sendiri tidak tahu tentang negaranya baik asas, simbol, semboyan maupun yang lainnya. Padahal kita sendiri atau kebanyakan orang ingin bercita-cita memajukan bangsa. Tapi itu sih katanya.

Saya sendiri terkadang berfikir, "duh kok bisa iia kaia gitu.?" Terkadang malu tapi hanya sedikit dari kebanyakan orang yang merasakan begitu. Anehnya, saya pernah bertanya mengenai pancasila kepada teman saya, dia menjawab "ah aku gag tau'e." tapi bukannya dia malu malah tertawa dan bangga dengan ketidak tahuannya. Bukankah itu hal yang aneh dan perlu di selidiki.? hehhe inilah secercah rasa penasaran saya mengenai negara Indonesia yang sudah saya tinggali selama 15 tahun.

Bagaimana dengan anda.? Apakah anda juga berfikir sama seperti saya,.?
Apakah itu kesalahan negara yang kurang mementingkan asasnya.? ataukah memang anak bangsanya yang 'ra dong' ??? Lalu buat apa mereka belajar? Apalagi pasti ada pelajaran PKN yang khusus mempelajari negara dan isinya kan? Wah gawat nih kalau begini.

Sekarang sebenarnya yang menjadi dasar tentang hal ini adalah arti belajar baik di sekolah maupun lainnya. Namun kenapa hanya sedikit orang yang mengerti tentang arti ini? Inilah manifestasi dari entri saya yang pertama yaitu "Perlunya Perbaikan Pendidikan di Indonesia". Namun setelah saya mencoba menggali dan bertanya sana sini. Terkadang memang benar juga sih program pendidikan di Indonesia ini. Tapi kenapa indonesia masih dalam kondisi terpuruk saja.?

Oh ternyata kalau di pikirkan itu tergantung pada SDMnya. Karena memang baik atau tidaknya itu tergantung manusianya yang memiliki kekuasaan kepemilikan negara. Oleh karena itu, ayo dan marilah kita menbuka mata kita untuk punya rasa dan cara berfikir yang ke depan. !!!

1 komentar:

  1. oleh karena itu....
    jadilah calon pemimpin yang benar2 mengerti negara yang ia pimpin..
    :)

    BalasHapus